Masalah Kekinian Pada Anak, Namun Tidak Disadari

Masalah Kekinian Pada Anak, Namun Tidak Disadari

Siapkah Anda kehilangan kebersamaan, hubungan yang harmonis dan kasih sayang dengan keluarga Anda karena Kecanduan dunia Game, Internet dan Gadget? Apakah Anda mengetahui bahwa Anda atau anak Anda telah mengalami kecanduan gadget atau alat elektronik lainnya?Cyber addict atau kecanduan game, internet, gadget dan sarana eletronik lainnya yang berhubungan dengan dunia maya menjadi hal yang mengkhawatirkan beberapa tahun belakangan ini, kecanduan cyber ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga pada anak dan remaja. Kecanduan cyber membuat seseorang cenderung anti sosial, sulit berkonsentrasi, dan berbagai dampak buruk lainnya. Selain itu banyak sekali kasus kejahatan seksual dan penculikan yang terjadi karena tidak adanya pengetahuan tentang dunia maya dengan baik.Pada negara lain kecanduan dunia maya telah dikategorikan menjadi menjadi clinical disease atau penyakit kejiwaan klinis yang disetarakan dengan kecanduan narkoba. Di luar negeri, para pemerintahnya mulai fokus mendirikan pusat-pusat rehabilitasi untuk orang-orang yang terjangkit kecanduan internet. Banyak kasus kencanduan internet yang mempunya dampak yang sangat parah, dimulai dari anak-anak yang berhenti sekolah, sampai pada orang dewasa yang meninggalkan pekerjaan. Di negara Cina telah terindikasi sekitar 24 juta anak remaja menjadi pecandu internet atau mereka sebut web junkie. Anak-anak ini hanya bermain game online setiap harinya. Mereka bisa tahan tidak tidur selama 3 hari dan memakai popok dewasa hanya untuk bermain game. Dan bahkan yang paling parah seorang remaja di cina sampai memotong tangannya sendiri hingga putus karena ingin berhenti bermain game.Di Indonesia sendiri KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) sudah mulai membuka layanan pengaduan anak yang kecanduan gadget karena sudah banyak laporan mengenai kecanduan gadget pada anak. Pada umumnya orang tua atau pelapor mengeluhkan kondisi anak yang susah dihentikan ketika sudah memegang gadget. Beberapa kasus yang terjadi adalah anak yang seringkali menawar untuk bermain lagi beberapa saat, padahal sudah membuat komitmen dengan orang tuanya sebelumnya. Ada juga anak yang marah kalau diberitahu untuk berhenti bermain gadget.Kecanduan gadget pada anak dapat menimbulkan dampak negatif pada berbagai perkembangan anak, antara lain :

1. Perkembangan Fisik

· Aktivitas gerak berkurang mengakibatkan obesitas, ketidakseimbangan hormonal dan metabolisme menyebabkan anak rentan terhadap penyakit· Gangguan pada mata, seperti kelelahan mata dan penglihatan kabur.· Gangguan pada fisik lainnya, seperti nyeri kepal, punggung bungkuk dan nyeri.

2. Perkembangan Sosial dan Emosional

· Anak menjadi tertutup, kurang bergaul, sulit bersosialisasi, dan tidak mampu berinteraksi sosial· Tidak percaya diri, mudah takut dan cemas.· Mudah berbohong· Cepat marah· Dimanfaatkan oleh orang / pengguna internet lainnya : Cyber-Bullying, Cyber Stalking yang berpotensi terjadinya penculikan· Penurunan Konsentrasi· Meningkatkan Rasa malas

3. Perkembangan Moral

· Anak Dewasa sebelum waktunya· Penyimpangan moral akibat mengonsumsi hal-hal berbau pornografi, kekerasan dan kriminal.Biasanya dampak negatif ini terjadi apabila anak sudah mulai diindikasikan kecanduan gadget. Namun para orang tua sebaiknya waspada dalam mengenali tanda-tanda awal di mana anak mulai ke arah kecanduan gadget, seperti :

1. Anak mulai bermain Gadget terus-terusan, bahkan bisa lebih dari 6 jam

2. Jam tidur anak semakin sedikit karena ingin bermain gadget

3. Anak mulai tidak bisa jauh dari gadget. Apabila ditanyakan keinginannya selalu mengarah pada keinginan untuk bermain gadget,misal selalu ingin cepat pulang karena ingin bermain gadget.

4. Mulai muncul masalh mata, seperti mata lelah, sering berkedip, mata merah, dan penglihatan kabur

5. Sering lupa atau terlambat dalam melakukan aktivitas lain

6. Anak cenderung marah atau menangis bila diingatkan atau gadgetnya diambil

7. Anak cenderung mulai menampilkan perilaku antisosial, tidak peduli dengan keadaan sekitar, tidak peduli pada orang lai, tidak peduli dengan kewajiban dan rutinitas yang harus dilakukan.Apabila Anak Anda ingin menghentikan Kecanduan Gadget silakan Konsultasikan pada kami.

Health Medical

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *